Contoh Judul Skripsi Ilmu komunikasi Skripsi/ TA/ Tesis 2



Rachel Gloriosa, author

Memahami Lookism: perspektif mahasiswa humas di Jakarta mengenai industri humas di Indonesia = Understanding Lookism: the perspectives of Jakarta public relations students towards the Indonesian public relations industry

Penelitian ini dikembangkan untuk menganalisis fenomena `Lookism` dalam profesi hubungan masyarakat (humas) menurut perspektif mahasiswa S1 humas. Akibat dari miskonsepsi bahwa humas adalah garda terdepan dari sebuah perusahaan, masyarakat Indonesia cenderung menganggap humas adalah pekerjaan yang bersifat feminim dan seseorang hanya memerlukan penampilan fisik yang menarik untuk bekerja di bidang...

2019


Lizzatul Farhatiningsih, author

Hubungan strategi dialogis dan citizen engagement dalam unggahan media sosial Institusi Pemerintah (Analisis Isi Akun Twitter Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Sekretariat Kabinet Periode Januari-Desember 2017) = The Relations of Dialogical Strategy and Citizen Engagement in Government Social Media Posts (Content analysis of the Twitter Account of the Ministry of Research, Technology and Higher Education and the Cabinet Secretariat January-December 2017)

ABSTRAK Kehadiran media sosial adalah suatu strategi komunikasi yang dinamis dan transparan, serta menawarkan utilitas khusus untuk pemerintah khususnya dalam membangun keterlibatan publik atau citizen engagement. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi dialogis dengan keterlibatan online warga negara (citizen engagement) dalam unggahan media sosial institusi pemerintah pusat. Penelitian ini dilakukan...

2019


Angel Permata Jauhari, author

Bentuk soft power Rusia di media sosial: studi pada akun twitter Russia beyond the headlines `@rbthindonesia` periode Maret-Mei 2019 =Forms of Russia`s soft power in social media: a study on Russia beyond the headlines twitter account `@RBTHIndonesia` during March-May 2019

Penelitian ini berusaha melihat bentuk soft power yang dilakukan oleh media internasional Russia Beyond the Headlines (RBTH) berikut dengan responnya. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Objek yang diteliti yaitu akun Twitter @RBTHIndonesia dengan sampel berjumlah 54 tweet, diambil dari tanggal 22 Maret hingga 22 Mei 2019. Hasil dari penelitian...

2020


Nadya Fathanya Neema, author

Strategi humas internal dalam membangun identitas organisasi (analisis lirik lagu mars Universitas Indonesia) = Internal relation strategy in building organizational identity (University of Indonesia`s corporate anthem`s Lyric Analysis)

Lagu mars merupakan salah satu media komunikasi dengan lirik yang membawa pesan kepada khalayaknya. Tulisan ini akan membahas bagaimana sebuah lagu mars sebagai strategi internal relations mencerminkan identitas organisasi dari Universitas Indonesia. Secara spesifik tulisan ini akan menggunakan metode dari Dr. Balmer dengan menginterpretasi lirik dari communicated Identity di dalam...

2019


Devita Eka Santi, author

Intercultural Encounters pada Perusahaan Multinasional (Analisis Kasus Komunikasi Antarbudaya PT. Hanwa Indonesia) = Intercultural Encounters at Multinational Company (Analysis of Intercultural Communication Case PT. Hanwa Indonesia).

ABSTRAK
Perusahaan multinasional sangat erat kaitannya dengan adanya komunikasi antarbudaya dan pertemuan antarbudaya. Setiap budaya memiliki dimensi budaya nasional masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam melalui interpretative phenomenological analysis yang bertujuan untuk mengungkapkan pemaknaan pengalaman secara eksploratif bagaimana budaya kerja perusahaan yang dibentuk dalam Hofstede's cultural dimensions...

2020



Nainggolan, Juli Bestian, author

Teknokapitalisme Media: Kontradiksi dan Dilema Transformasi Kapital Industri Media Cetak = Media Technocapitalism: Contradiction and Dilemma of Print Media Industrial Capital Transformation

Abstrak
Penelitian ini menguji signifikansi  dari kritik kapitalisme industri yang digagas para pemikir ekonomi politik dalam kasus transformasi kapital industri media cetak di Indonesia kurun waktu dua dasa warsa (1998-2018) terakhir. Fokus kajian ini terkait dengan bagaimana struktur teknokapitalisme mendeterminasi sekaligus melahirkan  berbagai kontradiksi industrial. Perspektif dan model analisis ekonomi...

Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020


Donna Revilia, author

Analisis strategi pemanfaatan konten digital di media sosial dalam memperkuat Corporate Brand Identity Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Studi pada akun instagram @lipiindonesia) = Analysis of digital content strategies in social media in strengthening the Corporate Brand Identity of the Indonesian Institute of Sciences (Study on the Instagram account @lipiindonesia).

ABSTRAK
Iptek berperan penting terhadap kemajuan suatu bangsa, dan tesis ini membahas mengenai upaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memperkuat corporate identity sebagai salah satu lembaga riset nasional yang memproduksi informasi hasil penelitian agar sampai kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan strategi komunikasi dengan menggunakan konten digital di media...

2020



Dyah Permana Erawaty, author

Perubahan pilihan suara generasi milenial pelajar urban (Studi Kasus: Pemilihan Umum Presiden 2014 & 2019) = Changes in millenial urban students choices (Case Study: Indonesia Presidential Election 2014 & 2019).

ABSTRAK
Tesis ini membahas kasus perpindahan suara dalam Pemilihan Umum Presiden tahun 2014 dan 2019 yang merupakan pertandingan ulang antara Jokowi dengan Prabowo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana perubahan suara para milenial urban pelajar pendidikan tinggi sebagai unit analisis, serta untuk mengetahui apakah media sosial berkontribusi dalam pengambilan...

2020



Safira Rivani, author

Peran dan strategi efektif pemasaran media sosial untuk usaha mikro, kecil dan menengah = The Role and effective strategies of social media marketing for micro, small and medium enterprises

ABSTRAK
Kehadiran media sosial memberikan banyak kesempatan baru salah satunya dari sisi perdagangan termasuk kegiatan pemasaran. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai salah satu kanal pemasaran karena berbagai kelebihannya. Salah satu jenis bisnis yang juga mengoptimalkan pemasaran media sosial adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Tujuan dari penelitian ini...

2018


Muhammad Fahransyah, author

Instagram account musisi independen sebagai sarana promosi konten dan menjalin interaksi dengan penggemarnya = Instagram account of independent musician as promotion tool for content and establish interaction with fans

ABSTRAK
Penggunaan internet sebagai media promosi dan interaksi saat ini meningkat secara drastis, sama halnya dengan yang terjadi pada bentuk promosi dan interaksi terhadap karya musik. Salah satunya pengembangan musik independen yang bersifat bebas, mandiri, dan tidak bergantung dengan sebuah label musik. Namun kelemahan pengembangan musik independen adalah adanya keterbatasan dana...

2018


Imam Maulana, author

Penerapan marketing public relations pada film panjang bioskop berbahasa daerah Silariang : Cinta Yang (Tak) Direstui = Application of marketing public relations in regional language film Silariang : Cinta Yang (Tak) Direstui

ABSTRAK
Perkembangan industri media massa khususnya industri film membuat film menjadi komoditas bisnis yang erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi. Dalam menyikapi fenomena tersebut, film Silariang: Cinta yang (Tak) Direstui yang merupakan film panjang bioskop berbahasa daerah melakukan upaya untuk meraih profit sebesar-besarnya dengan cara menerapkan marketing public relations dengan memasarkan filmnya...

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018



Analisis kegiatan marketing public relations dalam rangka membangun brand awareness : studi kasus pada produk McAfee di PT.Transition Systems Indonesia = Analysis activity of marketing public relations in order to build brand awareness : case study on McAfee products in PT. Transition Systems Indonesia

Penelitian ini berjudul Analisis Kegiatan Marketing Public Relations dalam rangka membangun Brand Awareness (Studi Kasus pada Produk McAfee di PT.Transition Systems Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kegiatan Marketing Public Relations (MPR) pada produk McAfee memberikan dampak awareness kepada konsumen, dimana hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan yang cukup...


Muhammad Savindraputra Muksan, author

Functions and activities of online petitions: a study on Change.org petitions `#TolakRUUPermusikan` and `Presiden Jokowi, Jangan Setujui RKUHP di Sidang Paripurna DPR` = Fungsi dan aktivitas petisi online: studi pada petisi Change.org `#TolakRUUPermusikan` dan `Presiden Jokowi, Jangan Setujui RKUHP di Sidang Paripurna DPR`

Makalah ini menganalisis fungsi dan aktivitas petisi online. Fungsi dan aktivitas ini dianalisis berdasarkan dua petisi Change.org yang sukses di Indonesia, yaitu `# TolakRUUPermusikan` sebagai Studi Kasus 1 dan `Presiden Jokowi, Jangan Setuju RKUHP di Sesi Paripurna DPR` sebagai Studi Kasus 2. Kedua studi kasus dijelaskan terlebih dahulu, dan ini...

2019


Wiisti Fenty Fevrieranty, author

Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja frontliner: Unit Call Center pada Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Kring Pajak =The impact of communication satisfaction on frontliner's job productivity: Call Center Unit at KLIP Kring Pajak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja unit Call Center pada Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Kring Pajak. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Kepuasan Komunikasi (Downs dan Hazen, 1977) dan Produktivitas (Timpe, 2002). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Adapun...

Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019



Musfiah Saidah, author

Model jaringan aktor dalam mewujudkan kedaulatan data = Actor network model in achieving data sovereignty

Tesis ini membahas peran aktor yang terlibat dalam  mewujudkan kedaulatan data di Indonesia dengan melihat keterkaitan dan relasi  manusia dan non manusia dalam praktiknya melibatkan teknologi. Selain itu, penelitian ini menggunakan konsep kedaulatan data untuk memahami pengolahan informasi yang sesuai dengan praktik, hukum dan kebutuhan suatu negara. Penelitian ini menggunakan...

Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019



Dewi Nandita Istiqomah, author

Analisis deskriptif strategi pemasaran media sosial Netflix Indonesia = Descriptive analysis of Netflix Indonesia`s social media marketing strategy

Popularitas internet di Indonesia semakin meningkat dan terjadi pergeseran konsumsi konten, dari TV konvensional menjadi internet melalui video on demand. Di Indonesia, penyedia layanan video on demand juga semakin banyak. Hampir semua penyedia layanan menggunakan media sosial untuk mempromosikan layanannya, salah satunya adalah Netflix Indonesia. Pemasaran melalui media sosial lebih...

2019


Intan Sarah Ceasaria, author

Analisis penggunaan social media influencers sebagai strategi pemasaran pada produk fashion di instagram (studi pada akun Instagram @zaloraid) = Analysis of using social media influencers as a marketing strategy for fashion products on Instagram (A study of @zaloraid instagram account)

ABSTRAK
Kini salah satu strategi yang dilakukan oleh pemasar di dunia digital yaitu dengan menggunakan strategi influencer marketing. Strategi ini digunakan brand sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran khalayak terhadap suatu brand maupun jasa melalui media sosial yang dianggap dekat dengan khalayak. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh seorang influencer yang bekerja sama...

2019



Dhia Athallia Herjan, author

Penggunaan Instagram sebagai media pemasaran digital untuk Luxury Fashion Brands = The Uses of Instagram as a digital marketing media for Luxury Fashion Brands

Pemasaran digital saat ini merupakan strategi yang sangat populer dan digunakan hampir sebagian besar pemasar di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena dampak dari berkembangnya teknologi dan kemunculan internet, sehingga membuat media digital menjadi lahan yang sangat prospektif. Media sosial adalah salah satu media yang digunakan dalam pemasaran digital. Luxury...

2019


Mayang Alya Nandira, author

Analysis of a social media influencer: Karin 'Awkarin' Novilda's personal branding on instagram platform = Analisis social media influencer: personal branding Karin 'Awkarin' Novilda di platform Instagram

ABSTRAK
Karin Novilda atau yang biasa dikenal dengan Awkarin adalah social media influencer yang memulai karirnya di Instagram. Di awal perjalanannya menuju popularitas, Karin melakukan banyak hal kontroversi yang memberikan image bad influencer dan membuat namanya terangkat di Instagram. Namun, saat Karin sudah menjadi salah satu influencer terpopuler di Indonesia, dia...

2020



Tri Suci Kamalia, author

Brand partai politik dan suara perempuan studi isu anti poligami oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) = Brand of political parties and women voice study of anti-polygamy issue by Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Penelitian ini membahas mengenai brand partai politik berdasarkan isu yang diwacanakan, dimulai dari identitas brand, posisi brand, dan citra brand. Studi ini berfokus isu anti poligami yang diusung oleh PSI dalam membentuk citra brand PSI. Penelitian ini menggunakan teori brand milik Aaker (1996) yang menyebutkan bahwa brand memiliki 3 (tiga)...

 2019


Nadhifa Falah Ufairah, author

Brand personality pada produk Es Kopi Susu Kekinian (studi pada Kopi Janji Jiwa dan Kedai Kopi Kulo) = Brand personality in Es Kopi Susu Kekinian product (study on Kopi Janji Jiwa and Kedai Kopi Kulo)

Bisnis kopi di Indonesia semakin berkembang sampai dengan saat ini kedai-kedai kopi kekinian semakin tumbuh dan dapat ditemukan dengan mudah pada berbagai kota, sehingga sebuah brand dituntut untuk mengembangkan strateginya pada berbagai media untuk mendekatkan diri kepada konsumen. Dalam melakukannya, tiap brand menggunakan strategi yang berbeda-beda, salah satunya adalah dengan penggunaan brand personality untuk mempertahankan...

2019


Reza Aldo Madian, author

Internal and external factors that contribute to Marvel Studios success in Australia = Faktor Internal dan eksternal yang turut menyumbang pada kesuksesan Marvel Studios di Australia

ABSTRAK
Meskipun telah berdiri pada tahun 1947 dengan menjual komik dan majalah, Marvel berkembang pesat sejak tahun 2008 dengan munculnya Marvel Studios. Tulisan ini mengekplorasi hal-hal yang mendorong perkembangan perusahaan ini, secara internal maupun eksternal. Data diperoleh dari wawancara mendalam terhadap karyawan Marvel Studio Australia, pemilik toko komik, dan penggemar film...

2019


Ayu Puspita Karwinandhi, author

Destination Branding Pariwisata Indonesia (Analisis Semiotik Pemasaran dalam Akun @kemenparekraf.ri) = Destination Branding on Indonesian Tourism (Analysis of Marketing Semiotic in @kemenparekraf.ri)

Penelitian ini menganalisis destination branding pariwisata Indonesia di akun Instagram resmi yang dimiliki oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yaitu @kemenparekraf.ri. Destination branding terdiri atas dua poin penting yaitu identifikasi dan diferensiasi. Dengan menggunakan analisis semiotik pemasaran terhadap program kerja 10 Bali Baru, studi ini melihat brand dari kacamata...

 2020

Ilham Firmanza, author

Analisis pengaruh persepsi pada promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada merek (studi pada produk air minum dalam kemasan "Ufia")

[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh persepsi pada promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada merek. Persepsi pada promosi penjualan adalah interpretasi pelanggan mengenai program Ufia Infaq Rp15/liter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 72 orang responden. Melalui uji Spearman ditemukan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara...



Panjaitan, Meisan, author

Hegemoni Budaya Seks di Kalangan Pengguna Forum Online (Critical Discourse analysis terhadap Section Adult Corner Forum Online Krucil.net)

[ABSTRAK
Perkembangan teknologi komunikasi telah memudahkan individu untuk mengekspresikan hal-hal yang dianggap tabu oleh masyarakat timur termasuk bidang seks yang biasanya tidak pernah bisa diungkapkan secara gamblang lewat real life.Salah satunya ialah melalui forum online Krucil.net lewat section Adult Corner di dalamnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan budaya seks yang sudah menghegemoni budaya para...


Melissa, author

Penggunaan Storytelling dalam proses terjadinya Word of Mouth pada kampanye produk Indome versi "Cerita Indome"

[ABSTRAK
Dalam praktik pemasaran di Indonesia, fenomena terjadinya word of mouth dan penggunaan storytelling ditemukan terjadi pada kampanye produk mie instan Indomie versi “Cerita Indomie”.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin menggali apakah storytelling mendorong proses terjadinya word of mouth dalam kampanye komunikasi pemasaran terpadu “Cerita Indomie”. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah...


Perencanaan program special event dalam upaya meningkatkan brand awareness Pingu's English Bintaro

[Pingu?s English Bintaro merupakan perusahaan yang baru berdiri selama setahun dan masih belum begitu dikenal masyarakat di sekitar Bintaro, sehingga Pingu membutuhkan sebuah solusi untuk dapat meningkatkan brand awareness dari masyarakat. Tujuan program adalah meningkatkan brand awareness Pingu?s English sebagai tempat kursus anakanak yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendapatkan publisitas dari pihak...



Mohammad Rinaldi, author

Hegemoni ideologi demokrasi liberal Amerika Serikat dan wacana Global War on Terror dalam media massa (Analisis wacana kritis pemberitaan aksi pembunuhan Usamah bin Ladin oleh Militer Amerika Serikat dalam pemberitahuan Harian Kompas

[ABSTRAK
Penelitian ini menempatkan media massa sebagai ruang kontestasi. Untuk itu kemudian wacana yang tersaji adalah representasi dari kekuatan yang dominan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana keterkaitan hegemoni ideologi demokrasiliberal Amerika terhadap pembentukan wacana war on terror di media massa tanah air. Penelitian ini dilakukan dengan paradigma kritis dan pendekatan kualitatif...


Monica Lovenia A.P, author

Aktivitas media Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Analisis Deskriptif Mengenai Upaya Pencap[aian Publisitas Sebagai Pendukung Promosi Pariwisata Dalam Negeri)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melakukan aktivitas media relations yang dilaksanakan oleh Humas yang tergabung dalam Pusat Komunikasi Publik untuk mencapai publisitas yang dapat digunakan untuk penyebarluasan informasi mengenai pariwisata dalam negeri kepada masyarakat khususnya calon wisatawan nusantara. Penelitian ini mencoba menganalisis secara deksriptif mengenai aktivitas media relations untuk...



Isabella Muliawati Fawzi, author

Analisis penilaian khalayak terhadap Special Event MTV VJ Hunt pada bulan Juni 2011 dan pengaruhnya terhadap minat untuk mengikuti kompetisi "Pemilihan MTV VJ Hunt 2011" (studi terhadap pelajar SMAN 6 Kelas III IPS 4 Jakarta Selatan)

[ABSTRAK
Special Event merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam lingkup kerja Public Relations. Salah satu Special Event dalam hal kompetisi pencarian bakat yang cukup lama ada di Indonesia adalah MTV VJ HUNT. Seiring dengan semakin banyak ajang kompetisi bermunculan, dan manajemen MTV VJ HUNT sempat...



Muhammad Hayqal Kevinzky, author

Proses dinamika komunikasi dalam menghadapi Culture Shock pada adaptasi mahasiswa perantauan (Kasus adaptasi mahasiswa perantau di UNPAD Bandung)

[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses dan dinamika komunikasi mahasiswa perantauan di UNPAD Bandung dalam beradaptasi, ketika menghadapi culture shock. Culture shock merupakan gejala sosial yang dialami oleh perantau ketika pindah dan mendiami daerah dengan kultur budaya yang berbeda. Penelitan ini menggunakan beberapa konsep dan teori besar di antaranya CAT,...



Prototype program televisi The Cendol Show

[Prototype program televisi ini berbentuk rancangan program televisi yang berdurasi total 60 menit. Program “The Cendol Show” ini merupakan suatu program game show yang bertemakan kebudayaan tradisional. Peserta berlomba di daerah-daerah yang ada di Indonesia dalam tiga babak yaitu mencari tutor, bermain kuis rebutan yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai kebudayaan setempat...



Joza Bayu Kusumo, author

Rencana program komunikasi pemasaran terpadu minuman susu Milkuat periode Januari-Desember

[ABSTRAK
Tugas Karya Akhir ini membahas perencanaan strategi komunikasi pemasaran terpadu dari minuman susu Milkuat dalam menyampaikan pesan kepada khalayaknya. Dengan menganalisa data yang didapatkan, penulis menemukan bahwa strategi yang selama ini digunakan oleh Milkuat, masih belum dapat membangun knowledge atau pemahaman yang baik mengenai product benefit di benak konsumen yaitu mengenai...


Katanesia Dwi Putri T, author

Majalah ILP Flash media eksternal ILP Cijantung

[ABSTRAK
Majalah ILP Flash merupakan sebuah media eksternal ILP Cijantung yang diperuntukan bagi masyarakat di sekitarnya. Media eksternal ini merupakan bagian dari kegiatan Public Relations dari ILP Cijantung. Sebagai kegiatan dari kegiatan Public Relations, majalah ini berfungsi untuk menaikkan citra ILP Cijantung di tengah masyarakat. Isi dari majalah ini bukan hanya...

Novy Eryanty, author

Peran media baru dalam mengkonstruksikan kritik sosial terhadap kinerja pemerintah dengan pendekatan humor ( Framing analysis terhadap artikel-artikel malesbanget.com)

[ABSTRAK
Perkembangan media baru memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai sarana penyampai kritik sosial. Malesbanget.com, situs yang berdiri sejak 2003, mengemas artikelnya dengan pendekatan humor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian kritik sosial terhadap kinerja pemerintah yang dilakukan MBDC dengan menggunakan framing analysis model Gamson dan Modigliani, pendekatan kualitatif. Dari keseluruhan...



Nur Fithry Amalia, author

Kampanye public relations dalam membentuk sikap khalayak (studi pada kampanye stop the trafficking children and young people yang diselenggarakan oleh the body shop Indonesia)

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai kampanye Stop the Trafficking of Children and Young People yang dilakukan oleh The Body Shop Indonesia dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga dampaknya terhadap sikap khalayak. Tujuannya untuk mengevaluasi input, output, dan outcome dalam kampanye. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Public Relations, kampanye Public Relations,...



Nurfathyah, author

Prototype majalah Pariwisata"Eyes on Jakarta" E-magazine panduan wisata untuk Wilayah Jabodetabek

[ABSTRAK
Prototype majalah online edisi replika ini merupakan sebuah majalah online mengenai berbagai obyek pariwisata yang sudah terkenal maupun berpotensi di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Prototype ini bertujuan untuk mempromosikan obyek-obyek pariwisata di seluruh Jabodetabek, maupun yang berada di kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia. Selain berfungsi sebagai promosi obyek-obyek wisata...


Nurhikmah, author

Prototype majalah olahraga ekstrim Indonesia "X-trim!"

[ABSTRAK
Majalah ini merupakan prototype majalah mengenai olahraga ekstrim di Indonesia. Berisi tentang berbagai olahraga ekstrim seperti menyelam, sepeda gunung, panjat tebing, berselancar, dan lain-lain. Prototype ini bertujuan untuk memberi informasi sesuai kebutuhan serta pengetahuan mengenai olahraga ekstrim baik dari referensi tempat, produk, tips, hingga komunitas dan berbagai hal lainnya sesuai...



Amalia Nugraha, author

Digital Knowledge Sharing pada Organisasi Pemerintah (Studi Innovative Work Behavior dan Organizational Innovation Capability pada Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia) = Digital Knowledge Sharing in Government Organizations (Study of Innovative Work Behavior and Organizational Innovation Capability at Communication and Information Services Bureau, Ministry of Finance of the Republic of Indonesia).

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis dan mengidentifikasi beberapa faktor penting yang berpengaruh dalam Digital Knowledge Sharing. Penelitian ini juga menyelidiki seberapa besar pengetahuan yang disumbangkan dan dikumpulkan dalam Digital Knowledge Sharing yang dapat mempengaruhi Innovative Work Behaviour dan Organizational Innovation Capability pada organisasi pemerintah, khususnya Biro Komunikasi dan Layanan...

2020



Purba, Asni, author

Pengaruh iklim komuniksi organisasi dan kepemimpinan terhadap motivasi kerja (penelitian survey terhadap pejabat fungsional pranata humas di lingkungan Badan Informasi Publik (BIP) Kementrian Komuniksi dan Informatika, RI

ABSTRAK
Iklim komunikasi dapat menentukan kesehatan dan kelangsungan hidup bagi organisasi atau perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survey analisis korelasional dengan menggunakan 55 responden sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang mengukur Iklim Komunikasi Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Uji Validitas diukur dengan koefisien product moment dari Pearson dan...



Suhaimah Irbah Riyani, author

Jurnalisme kolaborasi sebagai usaha untuk mengurangi persebaran disinformasi di media sosial (studi kasus kerjasama program third party fact checking Facebook dan Tirto.id) = Collaborative journalism as a means to lessen the distribution of disinformation on social media (case study: third-party fact-checking collaboration program between Facebook and Tirto.id)

ABSTRAK
Di tengah kebebasan yang diberikan internet dan media sosial dalam hal pembuatan konten dan penyebarannya dalam waktu yang cepat, ada satu tantangan yang dihadapi masyarakat di era digital ini yaitu disinformasi. Sebagai media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di...



T. Rendra Trisyah Putra, author

Komunikasi pemasaran jasa layanan kesehatan : studi kasus Eka Hospital Pekanbaru = Marketing communication health service : Case study Eka Hospital Pekanbaru

ABSTRAK
Tesis ini membahas bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oieh Eka Hospital dalam memasarkan sistem pelayanan, fasilitas dan peralatan canggih yang ditawarkan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptifl Hasil penelitian menyarankan bahwa divisi pemasaran (marketing) Eka Hospital hams lebih mcngutamakan proses brand awareness terhadap masyarakat pada umumnya, dengan begitu...


Dina Kharisma, author

Analisis strategi public relations sebagai salah satu alat pendukung di dalam melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering) bagi perusahaan jasa kesehatan (studi kasus pada PT Prodia Widyahusada, sebuah perusahaan jasa kesehatan yang akan melakukan LPO) = Public relations analysis as one of the supporting means in conducting Initial Public Offering for health services companies (case study on PT Prodia Widyahusada, a health service company that are going to conduct IPO)

ABSTRAK
Komunikasi serta publikasi merupakan salah satu elemen penting dari tahapan pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau yang biasa disebut juga dengan Initial Public Offering (IPO). Oleh sebab itu keberadaan seorang Public Relations ataupun Corporate Secretary di dalam struktur organisasi perusahaan yang akan rnelakukan lPO sangatlah dibutuhkan, untuk membuat suatu strategi...


Sebayang, Natasa Atidhira, author

Analisa strategi komunikasi reformasi birokrasi Polri (studi kasus pada program transparansi pelayanan SIM, STNK dan BPKB di Polda Metro Jaya) = Analysis of police bureaucracy reformation communication strategy (case study transparency programs services driver's license, vehicle registration and certificate of ownership at Polda Metro Jaya)

ABSTRAK
Berbelitnya sistem birokrasi yang ditetapkan oleh Polri dalam pengumaan SIM, STNK, dan BPKP (SSB) menimbulkan citra negatif di mata masyarakat yang akhirnya menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada institusi kepolisian dan menyebabkan masyarakat enggan bersentuhan langsung dengan kepolisian. Menyadari buruknya reputasi kepolisian inilah yang pada akhirnya melatar belakangi Polri untuk segera kembali membangun trust building yang...



Tiara Yuri Ananda, author

Mindfullness di kalangan remaja Tionghoa dan Non Tionghoa di Jakarta : studi pada pembaca tabloid Hi Young mandarin = Mindfulness in Tionghoa and non Tionghoa Teenager in Jakarta

ABSTRAK
Bentuk keragaman masyarakat Indonesia sangat dipengaruhi oloh perbedaan latar belakang budaya séhingga menghadirkan bentuk komunikasi yang mindless alan kecgmasan dan ketidalcpastian di dalam interaksi komunikasi, terutama antara etnis Thionghoa dan non Tionghoa. Meski begitu, adanya perubahan kebijakan pemerintah yang berpengaruh pada hubungan antar kedua etnis berdampak positiff Adanya perubahan pola pikir...


Yuli Anggraini, author

Pengelompokan sikap masyarakat mengenai campur tangan negara terhadap isu kontroversial poligami = The Grouping of public attitudes about state interference in the controversial issue of polygamy

ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pengelompokan sikap masyarakat mengenai campur tangan negara dalam masalah poligami. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksploratif. Mengunakan Teori Lambe dan Reineke. Temuan yang didapat dari penelitian ini adalah terbentuknya tiga pengelompokan sikap masyarakat berdasarkan kemiripan karakteristik sosial-ekonomi yang melekat pada individu. Ketiga kelompok tersebut...



Sri Arkandini, author

Khalayak radio Universitas Trisakti (suatu studi tentang peranan radio kampus sebagai media informasi, pendidikan dan hiburan)



Lilik Arifin, author

Kontak tani dan difusi panca usaha tani : suatu studi komunikasi pembangunan pertanian di Silud Sepatan, Kecamatan Sepatan Kab. Tangerang



Zulhasril Nasir, author

Sikap pers Indonesia terhadap kerjasama regional ASEAN (analisa isi atas tiga suratkabar di Jakarta)



Awang Ruswandi, author

Perubahan pola penggunaan suratkabar dan pemuasan kebutuhan pembaca (studi kasus pada pembaca harian Pelita di Jakarta)


Rosita Anggraini, author

Preferensi konsumen pada pesan iklan (studi kasus iklan shampo di majalah wanita dengan lokasi penelitian di Jakarta Timur)

Banyaknya produk sejenis di pasaran menimbulkan per- Iklan dibutuhkan untuk mengkomunikasikan pro duk guna mendukung penjualan. Dengan banyaknya produk yang diiklankan, iklanpun menjadi beragam baik dari segi jumlah maupun penampilan. saingan ketat. Penulisan skripsi ini bermaksud melihat preferensi konsumen terhadap iklan-iklan yang mengenainya. Iklan seperti apa dan bagaimana yang mereka...


Ani Indiani, author

Pengenalan khalayak pembaca majalah terhadap iklan (studi gambar iklan rokok pada majalah tempo periode bulan Desember 1986-bulan Februari 1987)

ABSTRAK
Dengan berkembangnya industri non migas saat* ini, persaingan perusahaan-perusahaan sektor tersebut dalam memasar- kan produksinya tentu semakin meningkat, J.klan sebagai sa - lah satu alat promosi yang merupakan bagian dari pemasaran tentunya perlu mendapat perhatian. Sebab melalui beberapa tahapan iklan memungkinkan adanya perubahan sikap pada in - dividu. Dengan meneliti...



Nasution, Zulkarimein, author

Sumber-sumber informasi tentang keluarga berencana bagi para pemuka agama sebagai opinion leader pada masyarakat desa, di Desa Serpong


Sasa Djuarsa Sendjaja, author

Analisa fungsi sosial surat kabar dalam pembangunan desa : suatu studi tentang fungsi dan perananm surat kabar pikiran rakyat edisi Ciamis dalam Pembanguanan di daerah Kabupaten Ciamis



Herman Darmo, author

Demonstration farm dan difusi panca usaha tani (suatu studi komunikasi pembangunan pertanian di pedesaan Kecamatan Sepatan



Arief Hidayat, author

Analisa isi berita tentang peristiwa lapangan banteng dalam kampanye pemilu 1982 (suatu studi terhadap 4 surat kabar ibukota; Kompas, Pelita, Suara karya, Merdeka)

Pada tanggal 18 Maret 1982 ketika kampanye Pemilu Golkar akan dimulai, terjadi kerusuhan yang menyebabkan aparat keamanan menahan beberapa aktivis dari PPP. Dengan adanya peristiwa pengacauan ini, terjadilah tuduh menuduh Golkar dan PPP mengenai siapa yang bertanggungjawab atas ke jadian tersebut. Skripsi ini mencoba meneliti fungsi surat kabar sebagai sumber...



Irma M. Sipahutar, author

Gambaran situasi komunikasi interpersonal hal kegiatan usaha di antara penghuni rumah susun Rawabilal Tebet (suatu studi eksploratif)



Ari Harsono, author

Persepsi Pembaca Surat Kabar Mengenai Peristiwa Pembunuhan; Studi tentang efek membaca pos kota pada khalayak pembaca di kelurahan tanah tinggi dan kelurahan Cempaka Baru, Jakarta Pusat



Debby Sianipar, author

Komunikasi organisasi kehumasan perusahaan minyak (suatu studi kasus tentang kegiatan humas P.T. Caltex Pasific Indonesia)

Perkembangan dan kemajuan di segala bidang, baik di bidang pengetahuan, industri, perhubungan dan lain-lain, mengakibatkan adanya suatu kebutuhan akan Humas sebagai salah satu bagian yang ikut menggerakkan roda manajemen perusahaan kearah tujuan perusahaan. Dimana fungsi Humas adalah untuk menciptakan komunikasi organisasi perusahaan secara secara efektif dengan masyarakat sekelilingnya, melalui kegiatan-kegiatan...



Jenniwal Mochtar, author

Penyuluhan pertanian melalui kaset (suatu studi komunikasi pembangunan pertanian di Pedesaan Sepatan dan Pakuhaji Tangerang-Jawa Barat)




Yourina Azwar, author

Persepsi khalayak terhadap iklan televisi kombinasi animasi dan "slice of life" (Studi pada iklan permen vicks jahe)

ABSTRAK
Iklan televisi merupakan jenis iklan audio-visual yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Hal ini disebabkan karena telah diperbolehkannya ditayangkan siaran komersial di stasiun swasta. Iklan televisi dikatakan media efektif untuk menyalurkan pesan karena kemampuannya dalam mengkombinasikan citra visual, suara dan gerak, sehingga keBampatan untuk mengembangkan pesan kreatif dan imaginatif lebih...



Siaran berita televisi Indonesia (studi pendapat khalayak mahasiswa UI tentang kepermisaaan, isi, cara penyajian dan penyaji berita di televisi)



Partisipasi surat kabar dalam membantu pemerintah mengkampanyekan obat generik (Analisis Isi surat Kabar Kompas)



Tia Wigati, author

Respons kognitif terhadap iklan dengan daya tarik seksual dan non seksual dalam kaitannya dengan efektivitas komunikasi (suatu studi experimental iklan Q Jeans pada siswa SMA Tirta Martha Jakarta)



Sidik Nurhidayat, author

Motivasi pelajar SLTP menonton acara program pendidikan sekolah di Televisi Pendidikan Indonesia (Studi komunikasi dengan menggunakan pendekatan uses and gratifications dikalangan pelajar SMPN 49 Jakarta)

ABSTRAK
Informasi pada saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia, hal tersebut disebabkan karena aktivitas manusia sudah begitu rumit dan beragam dimana dengan informasi dapat mempermudah dan menunjang aktivitas tersebut*. Sarana yang digunakan oleh manusia untuk mendapatkan informasi salah satunya melalui media massa. Salah satu media massa...



Pengetahuan dan sikap remaja terhadap kampanye periklanan Pasaraya young and trendy di Kompas (Suatu survai pada remaja Pelanggan Kompas di SMA 68 Jakarta)


Eddy Widjaja, author

Posisi produk dalam pikiran konsumen ssebagai efek komunikasi pemasaran (Suatu studi positioning terhadap lima merek obat flu)

ABSTRAK
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi memberikan kemudahan dalam pengolahan informasi. Hal ini menyebabkan timbulnya membanjirnya informasi (infarmatian overload). Dengan membanjirnya informasi, orang menjadi -semakin sulit berkomunikasi, dan memaksa orang untuk meringankan kerja mental. Cara yang ditempuh adalah menyeleksi informasi dan menyederhanakan informasi. Kedua cara ini merupakan mekanisme yang muncul untuk menghindari...



Manurung, Audrey F., author

Pengetahuan khalayak terhadap kemasan pasta gigi Pepsodent dengan calcium & fluoride dan Ciptadent


Persepsi khalayak terhadap iklan valino di media cetak




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, demi perbaikan dan kemajuan Blog ini, Salam https://elibskripsi.blogspot.com/